Dengan
hadirnya ajang EICMA show 2014 ini menjadi ajang yang memperkenalkan beberapa
motor produksi baru. Hampair seluruh pabrikan motor mengenalkan semua motor
yang akan dipasarkan ke masyarakat.salah satunya Yamah yang mengenalkan motor
New YZF R1 barunya. Motor Yamaha YZF R1 ini adalah jagoan lama dengan versi
terbaru untuk tahun 2015 ini. Memang motor ini sudah dipernalkan sudah lama semenjak
tahun 1998 ini tetapi dengan perubahan zaman Yamaha berinovasi pada motor
Yamaha YZF R1 ini. Perubahan yang sangat drastis pada motor ini pada tampilan
motor ini yang jauh berbeda dengan Yamaha YZF R1 dengan versi sebelumnya.
Dengan tampilan yang mirip motor balap mereka diajang MotoGP yaitu Yamaha YZF
M1 yang mempunyai gen balap diajang balap nomer satu dunia. Kabarnya motor
sport terbaru akan dikembangkan bersama dengan jawara motoGP 9 kali yaitu
Valentino Rossi.
Pabrikan Yamaha sendiri memperkenalkan motor sport andalan
mereka dengan versi berbeda. Yamaha YZF R1 dengan YZF RM memiliki spesifikasi
yang berbeda. Perbedaan motor YZF R1 dengan motor YZF RM ini adalah Motor YZF
R1 dikhususkan untuk pengguna harian sedangkan motor YZF RM dikhususkan untuk
keperluan balap saja.
Generasi motor sport di bekali dengan mesin 4 silinder sistem
cross plan yang mampu mengeluarkan tenaga sampai 200PS tanpa menggunakan
teknologi RAM induction.
Power yang di topang dengan bobot yang semakin ringan dengan berat 199 kg
dengan kondisi penuh dan 179 dengan kondisi yang kosong. Pabrikan Yamaha banyak
mengembangkan pada motor YZF R1, diantaranya :
- Power Delivery Mode (PWR) yang memungkinkan melalakukan settingan penyesuaian sudut gas yang tepat untuk menyalurkan power pada motor.
- Traction Control System (TCS) yang memungkinkan untuk mengatur lean angle pada motor agar dapat mencegah slip ban belakang karena power yang besar pada saat keluar tikungan.
- Slide Control System (SCS) merupakan teknologi terbaru yang pertama hadir dalam motor produksi masal. Teknologi ini berfungsi mengurangi terjadinya slide pada ban belakang dengan cara mengurangi power secara otomatis dan akan dikembalikan secara full apabila ban terdeteksi dalam keadaan normal
- Lift Control System (LIFT) berfungsi untuk mencegah bagian body motor depat terangkat berlebihan pada saat akselerasi secara spontan.
- Launch Control System (LCS) akan membatasi teriakan RPM pada putaran mesin 10.000 RPM secara otomatis walau gas dibuka penuh. Dengan kombinasi TCS dan LIFT maka YZF R1 akan berakselerasi secara maksimal pada saat start.
- Quick Shift System (QSS) berfungsi agar motor melakukan shifting dengan cepat tanpa menggunakan kopling. Fungsi tersebut hampir tidak menurunkan RPM pada motor sehingga akan mendapatkan laptime yang lebih cepat.
0 komentar:
Posting Komentar